Random Post

Workhsop Kurikulum Nurul Islam

Untuk penajaman ciri khas pendidikan yang diselenggarakan yayasan Nurul Islam baik di tingkat Pra-sekolah (KBTKIT), SDIT maupun SMPIT, hari Sabtu - Ahad, 15 - 16 Aktober 2011 bertempat di Kaliurang diselenggarakan workshop Kurikulum Kealaman Nurul Islam. Workshop ini sebagai tindak lanjut dari pertemuan awal yang dihadiri oleh seluruh komponen kurikulum unit, Penggagas dan Pembina Nurul Islam.

Acara dimulai sore hari, di awal acara, Pak Zidni selaku ketua Yayasan Nurul Islam memberikan arah dan target dari Workshop Kurikulum ini. Ciri khas pendidikan Nurul Islam yang sudah memilih jalur sekolah Alam dalam penyelenggaraan pendidikan di setiap levelnya harus jelas. Dan ciri khas itu menjadi target yang akan dipertajam dalam proses pembelajaran. Ciri khas itu merupakan karakter dan sikap yang akan muncul pada pribadi anak didik selama dan setelah melalui proses pembelajaran di setiap level pendidikan di Nurul Islam.

Setiap unit diminta untuk mempresentasikan apa saja yang telah dilakukan dan kendala apa yang dialami selama proses pendidikan. selain itu penyamaan istilah dan maksud dilakukan dengan dialogis sehingga tujuan pembentukan karakter dan sikap yang diinginkan seluruh komponen pendidik Nurul Islam menjadi satu.

Setelah ada satu persepsi terkait dengan ciri khas kurikulum Nurul Islam, setiap unit berkumpul untuk merumuskan bentuk kongkrit dari setiap karakter yang akan dibangun di setiap level. Kemudian karakter itu diturunkan ke setiap komponen materi kurikulum yang disampaikan ke siswa. Dan akhirnya juga harus dirumuskan bagaimana bentuk evaluasi. Baik evaluasi kepada siswa maupun supervisi guru untuk mengawal dan memastikan bahwa kecirikhasan Nurul Islam benar-benar terbangun di setiap pribadi anak.
Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: