Random Post

Venus Transit : Keberuntungan yang Hanya Bisa Dilihat Lagi Tahun 2117

Sungguh tahun 2012 ini banyak fenomena menarik kenampakan langit yang sangat jarang peluang orang bisa lihat. Setelah Mei kemarin ada Super Moon, kini kita disuguhi oleh Allah Dzat Pencipta Alam Raya ini dengan pertunjukan indah.Venus Transit, yaitu saat dimana planet Venus sebagai planet terdekat kedua di tata surya kita melintas matahari lurus dengan bumi. Sehingga kita bisa melihat proses lewatnya tadi dengan keberadaan bintik hitam di matahari.



Fenomena ini termasuk sangat langka karena hanya bisa dilihat 105 tahun lagi di tahun 2117. Wah, beruntung banget deh kalo kali ini kita bisa berkesempatan melihat Venus Transit ini. Yang justru perlu masukan, ada beberapa pihak hanya mengekspos bahayanya saja jika ada fenomena ini. Seperti jangan keluar rumah takut terkena sinar matahari yang bisa membuat buta permanen. Bahkan ada yang diperparah dengan tambahan mitos-mitos. Seperti banyak orang dulu mengatakan jika gerhana matahari itu, matahari sedang dimakan raksasa jadinya harus mukul kentongan supaya raksasa memuntahkan kembali matahari. Atau gak boleh ini, gak boleh itu. Waduh jadi kurang logis deh. Sebagai pembelajar justru fenomena ini menjadi kesempatan emas. Melihat dan memahami perilaku venus sebagai keluarga tata surya.



Nah, SDIT Alam justru mengadakan acara nobar, nonton bareng saat-saat Venus Transit. Memang ngamatinya tidak secara langsung. Karena memang gak punya teropong yang memadai. Karena kalo cuma pake mata telanjang saja tidak jelas bintik hitam Venus.



Karena sekarang udah jamannya teknologi Informasi, tinggal pake jasa situs penyedia Live Video Streaming aja udah beres deh. Bisa pake yang  punyanya Bosscha ITB Bandung atau yang punyanya NASA. Tinggal buka layar trus dihubungkan sama Proyektor udah deh bisa nobar.



Sambil nonton, anak dijelaskan tentang apa itu Venus dan perilakunya. Mengapa ada Venus Transit hingga kewajiban kita untuk lebih dekat dengan Allah setelah membaca salah satu ayat-Nya yang di alam raya ini. Sehingga Visi Tafakkur dan Tadabbur akan selalu mengiringi di setiap aktivitas belajar anak.

Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: