Penutupan Tema Pembelajaran : Kegiatan Ekonomi

» » » Penutupan Tema Pembelajaran : Kegiatan Ekonomi



Dear SDITAlamania, menutup tema pembelajaran yang bertajuk Survival, kelas 5 mengadakan kegiatan bersama berupa Gelar bersama macama-macam kegiatan ekonomi. Kenapa pilihan kegiatan ekonomi, karena sejatinya kegiatan ekonomi itu adalah merupakan upaya manusia untuk mempertahankan hidup, survival. Dengan kegiatan ekonomi setiap orang mampu menghasilkan baik uang maupun barang. Dengan penghasilan tersebut digunakan untuk mempertahankan hidupnya melalui pemenuhan pangan, sandang, rumah, hiburan dan kegiatan-kegiatan lainnya.
Dalam pelaksanaannya, semua siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok lintas kelas 5. Setiap kelompok dibebaskan untuk mengeksplorasi pilihan kegiatan ekonomi apa yang akan layak dijual di event ekspo. Bisa penjualan barang maupun jasa. Kegiatan ekspo dilaksanakan pada hari Kamis, 1 Oktober 2015. Setiap kelompok ditantang berjuang untuk mendesain produk yang sebisa mungkin bisa meraup untung sebesar-besarnya. 
Jasa Pemutaran Film
Berikut ini adalah tugas yang harus dilakukan setiap kelompok :
1. Mempraktekkan usaha dagang, usaha jasa, usaha produksi
2. Saling bekerjasama merancang/merencanakan :
     a. Membagi anggota kelompk pada jenis usaha dagang, jasa, dan produksi
     b. Merencanakan produk apa yang akan dibuat
     c. Merencanakan jasa apa yang akan dilakukan
     d. Merencanakn barang-barang apa yang akan dibeli dari kelompk lain dan dijual kkonsumen
     c. Membuat pengumuman yang ditempel
     d. Membagi dan menyiapkan alat dan bahan
3. Bekerja dan melaksanakan tugas sesuai jenis usahanya
4. Mengembalikan modal yang dipinjamkan Rp36.000 per kelompok
5. Membuat laporan pada worksheet
6. Dapat menghitung untung /Rugi
 Jasa Cuci Kendaraan
 Semua perencanaan tidak diketahui detail ustadz/ah. Pada hari H ustadz/ah melakukan sensus kegiatan ekonomi berikut income dan aset yang diperoleh. Hasil sensus menunjukkan jenis usaha ekonomi yang dilakukan oleh 6 kelompok adalah : Untuk jenis jasa ada  Pijat, Cuci motor & sepeda, Cuci piring, rumah hantu, Sewa sepeda, Naila art, Nonton film. Untuk jenis usaha Produksi ada Es krem pot, jelly, koko crunch, es sirup selasih, cilok, pop crunch, es susu, es milo, mi bihun.
 Dengan pembelajaran yang memberikan keleluasaan yang lebar bagi anak, setelah anak menguasai maksud dan tujuan kita bisa dapatkan mereka mampu untuk mengorganisasi sendiri kelompoknya. Guru sebagai mediator yang senantiasa memberikan stimulus. Tentu siap juga untuk mendampingi untuk mengawal kelompok manakala mendapatkan kebuntuan.

Share

You may also like

Tidak ada komentar