Mukhayyam di Akhir Semester . . . . . .

» » Mukhayyam di Akhir Semester . . . . . .

Mukhayyam kali ini terasa sungguh ruarr biazaa. Tidak sekedar kemah. Seperti yang sudah-sudah. Mulai dari pagi rangkaian acara Mukhayyam dimulai. Ada seminar kesehatan gigi untuk kelas besar (III sampai VI), sedangkan yang kelas kecil (I dan II) ada dongeng menarik. Menjelang sore setelah Ashar, ada acara temu tokoh. Tokohnya juga gak main-main. Sekolah mengundang pilot dari TNI angkatan Udara di Yogyakarta. Anak-anak merasa sungguh takjub, mendapatkan cerita pengalaman serta kiat-kita untuk menjadi pilot kapal terbang. Apalagi melihat sosoknya, uh pokoknya gak nguatin. Seperti di film Top Gun-nya Tom Cruise. Ah . . . menarik juga kayaknya jadi pilot. Kugantung lagi aja pilot di atas langit sana tinggi-tinggi.



Setelah maghrib, selesai makan malam dan sholat ‘Isya, tibalah yang ditunggu. Acara yang Super extravaganza. GPS, Gelar Potensi Siswa. Seluruh kelas mengeluarkan kreatifitasnya. Dari mulai bernasyid (menyanyi), puisi, freestyle dance, sampai drama.



Yang sungguh mengejutkan di GPS kali ini adalah pemutaran perdana film pendeknya kelas III A. Berjudul Detektif Koran. Wah, benar-benar diluar dugaan. SDIT Alam yang biasa ini bisa membuat film yang luar biasa. Meski baru pertama, dengan akting yang masih amatiran, tapi tampilannya ck . . ck . . ck cakeep man.



Di sela-sela GPS, dilakukan acara penyerahan siswa kelas VI kepada orang tua siswa yang tahun ini alhamdulillah ke-29 siswa dapat lulus dengan nilai yang memuaskan.



GPS berakhir larut malam. Tibalah acara ritual tengah tahun. Bakar Jagung. Arena GPS berubah menjadi arena BBQ alias BeBaQaran. Jagung tentunya yang dibakar. Setiap anak megang satu jagung, dikasih tusuk ujungnya. Trus dibakar di atas bara api dari arang yang merah membara. Bagi yang sudah biasa matang sempurna. Bagi yang belum pernah, ya . . . gosong deh. Itung-itung untuk mengecek siapa yang belum gosok gigi esok pagi. Hitam-hitam deh giginya.


Malam semakin larut, saat istirahat berselimut. Segera tidur untuk bangun pagi di esok hari. Sholat Shubuh berjama’ah. Paginya, riyadhoh (olahraga) dengan jalan-jalan menyusuri perkampungan dan persawahan. Mengamati apa yang dilakukan masyarakat di pagi-pagi. Begitu samapai di sekolah lagi, acara bersih-bersih lingkungan. Terutama bekas acara seru tadi malam. Sekaligus, tenda-tenda dirubuhkan dan dilipat. Makan pagi telah menunggu. Begitu selesai bersih diri, memburu sarapan pagi untuk mengganjal perut agar penuh berisi. Tibalah acara penutupan Mukhayyam sekaligus pelantikan pandu. Diakhir apel penutupan, diumumkan juara lomba pustaka.



Ada lomba pembuatan komik, pembacaan puisi, percakapan bahasa arab dan inggris, majalah dinding. Serta penganugerahan gelar Ratu dan Raja Buku tahun ini untuk peminjam buku terbanyak dan pengembali buku tepat waktu. Untuk Ratunya, mbak Imamah dan Rajanya, mas Iyas.



Selamat untuk para juara. Sungguh, penutupan tahun ajaran yang suangat ruarr biazaaa. . . . . .


Share

You may also like

Tidak ada komentar