Random Post

Tutup Tema Kelas 1 : Menjamu Teh Ayah dan Bunda

Untuk menutup kegiatan pembelajaran tema Keluargaku, setelah outing, hari ini Kamis 28 September 2017, diadakan kegiatan jamuan minum teh. Ayah dan Bunda setiap siswa diundang untuk hadir ke sekolah. Di sekolah disediakan tempat jamuan yang diseting khusus dengan nuansa klasik jawa. 
Pada kegiatan tutup tema ini, ayah-bunda akan dipandu oleh ananda, putra-putrinya kelas 1 untuk menempati meja sesuai dengan tempatnya. Sebelumnya setiap keluarga berpose foto dulu di booth foto yang sudah disediakan dengan tema klasik jawa. Setelah semua orang tua hadir, acara dimulai dengan jamuan minum teh yang disediakan oleh putra-putrinya kelas 1. 
Setelah berfoto bersama, siswa mempersilahkan para orang tua untuk duduk di tempat yang sudah disiapkan. Di sana sudah tersedia beberapa cangkir dan teko berisi teh. Setiap siswa kemudian mengilingkan air teh ke cangkir. Kemudian dipersilahkan untuk meminumkan teh ke orang tua.
Selain air teh, para siswa juga menyuapkan snack makanan roti kepada orang tua. Ini saatnya para siswa melayani para orang tua setelah selama ini mereka mendapatkan layanan semenjak kecil. Tentu bagi anak yang belum biasa menjadi canggung. Pun juga orang tua. Namun yang paling penting, munculnya rasa sensasi melayani ini menjadi sesuatu yang baru dirasakan anak.
Begitu selesai semua siswa melayani para orang tua dengan baik, para hadirin mendapatkan sedikit hikmah dari pak Fauzan, salah seorang orang tua siswa. Memaknai tentang pentingnya mendidik adab kepada anak yang membutuhkan sebuah komunitas yang diciptakan dalam kondisi baik. Setelah itu ustadz/ah memberikan hadiah kepada keluarga yang hadir paling awal, terkompak baik dari segi kostum dan kelengkapannya.
Acara ditutup dengan foto bersama seluruh keluarga untuk menunjukkan kekompakan anak dan orang tua serta satu keluarga dengan keluarga lainnya.  
Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: