Random Post

Outing Kelas 2 Tema Sumber Energi : Taman Pintar - FT UMY

Memperkuat dan menambah wawasan pembelajaran tema Sumber Energi, anak-anak kelas 2 outing ke Taman Pintar dan Laoratorium tehnik UMY. Pembelajaran di Taman Pintar memberikan banyak informasi baru yang tidak di jumpai dalam keseharian. Dipandu oleh kakak kakak pemandu dari taman pintar yang memberikan banyak informasi mengenai alat peraga yang tertentu yang berhubungan dengan sumber energi dan bentuk energi yang dihasilkan.



Beberapa alat peraga di Taman Pintar seperti Air Track membuat penasaran anak-anak. Udara yang keluar dari rongga-rongga di sepanjang Track yang membuat benda di atasnya bergerak di sepanjang lintasan Track..hemmmm seperti kereta yang bergerak disepanjang lintasan yah..Sumber Energi dan bentuk energi dari Air Track itu apa hayo?? Beberapa alat peraga membuat penasaran anak-anak bahkan memegang dan mencobanya.. dan tidak lupa untuk menuliskannya pada lembar worksheet.



 Nah kalo pada alat Peraga ini anak anak dijelaskan oleh Kak Pemandu mengenai alat alat menggunakan energi listrik. dengan memencet tombol lampu 1, lampu2, lampu 3 atau pompa air atau setrika akan terlihat pada layar tulisan daya listrik yang digunakan sekaligus harga per dayanya..semakin besar dayanya semakin mahal biaya yang akan dibayarkan. Ternyata untuk menghemat listrik dan biaya kita perlu memilih jenis alat listrik yang tepat.



 Tempat tujuan selanjutnya adalah ke Lab Tehnik UMY. Harapannya anak-anak mengenali sumber energi dan bentuk energi yang dihasilkan dari alat peraga. Di sana anak-anak diajak melihat rumah (Solar Powered House) yang di dalamnya menggunakan sumber energi dari cahaya matahari yang digunakan untuk memanaskan air dan menyalakan lampu. Ada juga dengan kotoran hewan ternyata bisa menyalakan kompor gas.. wah tapi ada alat yang belum bisa terpasangjadi kompor gasnya belum nyala.... benar-benar tidak seperti biasanya di rumah yah (yang sebagaian besar menggunakan energi listrik). Rumah anak-anak besok seperti apa yah.. apakah masih menggunakan energi listrik untuk menyalakan lampu?


Ada juga mobil-mobilan..eih mana batrainya??ternyata mobil kecil ini (Solar Car Kid) menggunakan solar sel untuk mendapatkan sumber energi dari cahaya matahari untuk bisa menggerakkan mobiil-mobilan. Selain itu juga dikenalkan Motor Bakar dan alat pompa dari tenaga surya.



Selanjutnya anak-anak bertemu dengan kakak-kakak mahasiswa yang mengenalkan lampu neon (Peraga Solar Home System) yang bisa menyala karena menggunakan solar sel bersumber dari matahari.



 "Nah kalau sumber minyak bumi yang diolah menjadi bensin, solar, pertamax, atau minyak bumi sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energi listrik ini makin lama bisa habis..apa yang anak-anak lakukan??"kebanyakan anak menjawab "memakai cahaya matahari saja". yah.. kalau begitu harus bisa membuat solar sel dulu karena kebanyakan solar sel masih beli dari luar negeri. Allah telah menciptakan sesuatu itu tidak sia sia. Kalaupun tidak ada sumber listrik ataupun BBM, masih ada sumber energi paling besar yaitu matahari. Allah telah menciptakan sumber energi itu.. dan kita semoga bisa jadi ilmuan yang nantinya bisa memanfaatkan ciptaan-ciptaan Allah yang lain dan tentunya untuk kemamfaatan banyak orang."Selama dunia belum kiamat..insyaallah masih bisa Nak belajar dan menjadi ilmuan! 
Terimakasih kami ucapkan kepada kakak-kakak mahasiswa Fakultas Tehnik dan terutama kepada bapak Najib (dosen Fakultas Tehnik UMY) yang telah banyak memberi kemudahan dan ilmu kepada kita dan terimakasih..mobil mobilan kecil yang dibuat khusus untuk menyambut kedatangan anak-anak dari Nurul Islam.

Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: